Kamis, 17 Desember 2015

Tes BPJS Kesehatan November 2015

Halo? Apa kabar?
Saya akan menuliskan pengalaman saya audisi kerja di BPJS Kesehatan 2015. Awal tahu ada lowongan BPJS Kesehatan dari internet. Sekitar delapan lowongan profesi yang dibutuhkan pada saat itu. saya tidak ingat apa-apa saja. nah, saya sendiri mendaftar di bagian kepesertaan. Kenapa saya memilih itu? karena saya lihat pada job describtion yang paling mudah kerjanya. hehhe

Nah, jadilah saya daftar pada tanggal 11 November 2015. Adapun berkas yang harus saya persiapkan tidak rumit, hanya scan ktp, ijazah, transkip serta foto berpakaian formal.
Untuk foto sendiri, diwajibkan berpakaian formal dengan aturan laki-laki berlatar biru, sedangkan perempuan berlatar merah.
Perlu diingat, perhatikan secara detail syarat umum dan khusus yang harus dipenuhi. karena saya merasa BPJS Kesehatan sendiri memiliki kualifikasi yang tinggi untuk calon pegawainya. Hal ini dapat dilihat dari akreditasi untuk perguruan tinggi negeri minimal B dan perguruan tinggi swasta minimal A.
Saya tidak tahu persis yang dimksudkan disini akreditasi jurusan atau perguruan tingginya. Karena jurusan saya sendiri memiliki akreditasi A.
Tenggang waktu yang dari pendaftaran online dengan pengumuman sekitar 7 hari. saya menganjurkan untuk cek email setiap hari. Dikarenakan terkadang tidak ada notifikasi melalui no telpn.

Setelah menunggu 7 hari, alhamdulillah saya lulus untuk mengikuti tes online. Nah tes online ini yang buat saya mumet. Saya menulis ini tepat setelah saya melakukan tes online. Karena saya tidak tahu cara menulis di blog, makanya saya nulis di tumblr dulu. Entar kalau sudah fasih saya pindahkan.

Tes online sendiri dapat dilakukan di rumah, dengan catatan Anda memiliki koneksi internet yang stabil. Saya sendiri melakukan di rumah. Sempat terkendala karena koneksi tetapi koneksi yang madet itu malah saya manfaatkan. Lebih jelasnya baca terus ya :)
Tes online ini terbagi 3 bagian.
Pertama tes intelegensi (terdiri dari 6 tes yang masing-masing waktu pengerjaannya kurang dari 6 menit). Jadi bisa diperkirakan waktu yang dibutuhkan sekitar 36 menit untuk bagian pertama. Seingat saya tes ini berisi penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian, persamaan kata, kata yang berlawanan. Jujur saja tes bagian pertama ini saya banyak ketinggalan, karena belum menyesuaikan waktu. Saran saya untuk pengerjaan bagian pertama, ajaklah teman anda minimal 1 orang, agar dapat mengerjakan lebih cepat.
Bagian kedua tes bahasa Inggris, saya sangat tidak menyangka akan ada tes bahasa inggris, karena berdasarkan blog-blog sebelumnya tes online tidak menyertakan tes ini. Yah saya pasrah aja mengerjakan semampunya. Tes bahasa inggris di sini, saya rasa dasar banget. yah pelajaran bahasa inggris dari SD sampai SMA ada. heheh banyak ya? mulai dari ‘what is your name?’, kalimat pasif, kata hubung, tenses, kada depan. yah seputar itu lah. Pertanyaannya tidak terlalu panjang kok. Saya yakin kalian juga bisa jawab :). Tes bahasa Inggris ini ada sebanyak 100 soal dengan waktu pengerjaan 50 menit. saya sendiri sempat mereview jawaban saya, karena waktunya lebih.
Bagian ketiga tes potensi akademik. saya rasa tes ini tidak asing lagi yah. sama dengan tes potensi akademik pada umumnya, deret angka, deret huruf, sinonim, antonim, peluang, deretan kedudukan, soal cerita tentang kecepatan dan jarak tempuh, sebab-akibat, initisari wacana, bangun ruang, penarikan kesimpulan. nah itu deh yang saya ingat. Tes potensi akademik ini, jumlah soalnya 50 tetapi waktu pengerjaan 50 menit. waktu cukup bahkan lebih untuk yang sudah sering mengerjakan soal sejenis.
Dan setelah melewati masa kritis (heeheh) saya berhasil selesai. Untuk sekedar informasi tes online ini saya mendapatkan batch 3 yaitu 13.00-16.00 WIB. Dikarenakan teman saya sudah ada yang ujian batch 1 (07.00-10.00 WIB) sudah pasti saya bertanya dong soalnya bagaimana. Gak ada salahnya loh bertanya, selagi yang ditanya gak keberatan menjawab. Dan dari teman sayalah tahu kalau ada tes bahasa inggris. tetapi saya juga gak mampu menyelesaikan tes pertama yang bagian 1. yah hanya Allah yang tahu hasilnya ya. saya berserah aja, semoga yang terbaik untuk saya.
P
ada saat tes, kita sangat bergantung pada koneksi internet. saya juga berulangkali mengalami putus sambungan. kamu-kamu jangan takut, karena putus koneksi internet sama artinya dengan waktu terhenti. Kamu dapat memanfaatkan dengan mencari jawaban soal tersebut. saya memanfaatkannya di bagian tes kedua dan ketiga. sangat sangat membantu. saya terselamatkan sekitar 10 soal karena terputusnya koneksi internet. kebetulan saat terputus koneksi internet, layar internet tidak tertutup jadi saya dapat lanjut menjawab soal.
Sampai tulisan ini selesai saya masih menantikan hasil ‘audisi’ BPJS Kesehatan 2015 saya. Semoga hasilnya lulus untuk tes online ini dan dapat melanjutkan. Postingan selanjutnya ditunggu ya :) Asslamu’alaikum cantik… :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar