Semenjak mengelola akun
onlineshop, aku mempercayakan pengiriman paket menggunakan JNE. Namun entah
kenapa akhir-akhir ini banyak tragedi yang bikin galau. Ngalahin galau nonton
drama korea goblin.
Galau yang pertama karena paket
belum sampai di customer tapi status sewaktu dicek DELIVERED. Aku tahu
karena customer yang ngabarin, doi Tanya
alamat udah bener gak kak? Iya dong bener,
aku bilang gitu. Aku kirim juga bukti paket yang aku kirim karena memang selalu
foto paket sebelum dikirim dan juga resi. Di paket dan resi sudah jelas banget
alamatnya, namun saat aku hubungi melalui customercare jne (Jumat 27/01), mbak
nya bilang alamat yang tertera hanya jalan xxxx tanpa nomer dan lain-lain.
Duhhh kok bisa? Aku bilang dong sudah nulis alamat lengkap. Dan lagi kalau
dipikir-pikir seharusnya kalau memang alamat gak jelas jangan dikirim, ditahan
aja dulu. Jadi paket ini nyasar ke kantor, padahal seharusnya ke rumah pribadi.
Melalui mbak customercare ini juga aku bikin laporan dengan melengkapi nama
penerima, alamat, nomer hubungi dan isi paket. (Selasa 31/01) Aku dihubungi
pihak JNE Jakarta mengkonfirmasi apakah paket sudah diterima atau belum, aku
mengatakan berdasarkan informasi yang dikatakan customer pada malam sebelumnya.
Pihak JNE Jakarta menyarankan aku untuk melakukan klaim ke agen JNE untuk
ditelusuri lebih lanjut. keesokan harinya (01/02) pukul 08.15 WIB aku berangkat
menuju JNE Pusat Kotaku untuk melakukan klaim sesuai instruksi cs Jakarta dan
di sana pun aku diterima dengan baik walaupun mbak nya masih bingung ketika aku
tanya kenapa bisa begini. Sampainya di rumah, aku mendapatkan pesan dari
customer bahwa paket baru saja diterima. Ya ampun padahal baru aja ngajukan
klaim. Memang saat aku di JNE gak ada pakai HP jadinya gak tau deh paket sudah
diterima. Yaudah lah hahaha, tapi aku juga gak menemukan jawaban kenapa bisa
status sudah DELIVERED namun barang belum diterima. Entah kurir yang salah atau
bagian update status paket yang salah. Semoga gak terulang lagi kejadian
seperti ini. (02/02) aku dihubungi pihak JNE untuk menanyakan status paket, dan
langsung saja aku katakan sudah diterima customer.
Galau kedua karena status paket
CRISS-CROSS, artinya paket tertukar. Tertukar dengan apa? Dengan paket lain
atau paket dan resi tidak sesuai. Aku juga menghubungi customercare jne, dan
mbaknya membuatkan laporan. Namun kegalauan sirnah karena besoknya aku tanya
customer, paket sudah tiba dan sesuai dengan yang dia pesan.
Galau ketiga, hampir sama dengan
galau pertama. Namun, alamat penerima adalah kos-kosan. Jadi customer aku
nungguin paketnya datang, namun gak datang-datang, dicek eh udah DELIVERED.
Lagi-lagi aku menghubungi customercare jne, dijelasin kalau paket diterima oleh
ibu kos. Ini yah buat yang ngekos, ada baiknya nanya juga ke bu/pak kos yang
jagain. Paketnya ternyata sudah diterima.
Saran dari aku kalau kalian
menemukan masalah dengan status paket, apabila baru diketahui saat jam selesai
kerja kantor sebaiknya langsung hubungi customercare jne untuk memastikan
status paket lalu keesokan harinya mendatangi kantor JNE pusat dikota untuk
konfirmasi dan apabila menurut kalian diperlukan klaim, lakukan klaim saja.
Memang ada beberapa CS yang menolak, tapi aku sangat menyarankan klaim karena
paket kalian kalau hilang, criss-cross, rusak dll jika tidak dilakukan klaim
tidak akan diproses (menurut pengalaman aku).
*foto akan aku update segera
Tidak ada komentar:
Posting Komentar